Tuesday, November 14, 2017

Menjadikan Sembalun, Barometer Desa Wisata Pangan di Indonesia

Tanaman bawang di Sembalun dengan latar belakang Gunung Rinjani

Kecamatan Sembalun menjadi salah satu tempat yang akan dikembangkan menjadi desa wisata pangan. Dimana desa-desa di Sembalun akan dijadikan sebagai desa wisata pangan dan akan menjadi percontohan bagi desa wisata lainnya. Sehingga wisatawan dapat menikmati aneka hidangan khas Lombok sambil menikmati suasana pedesaan dan beberapa destinasi wisata yang ada di Sembalun.

“Kami akan coba modelnya itu di Sembalun. Ini akan kami jadikan desa wisata pangan. Nantinya wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan kuliner yang dimasak oleh masyarakat setempat sambil menikmati suasana wisata Sembalun,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Hj. Budi Septiani, di Mataram, Rabu (7/11/2017).

Ia mengatakan bahwa kombinasi antara pangan dengan pariwisata merupakan perpaduan yang bagus. Sebab wisatawan juga harus dijamu dengan kuliner atau sajian-sajian yang menarik. Salah satunya dengan kuliner khas Lombok. Berbagai jenis penganan dan hidangan dapat dinikmati bagi wisatawan yang berkunjung ke desa wisata pangan Sembalun.
Rumah adat Limbungan di Sembalun Lombok Timur

“Kami ingin angkat Sembalun sebagai lumbung pangan sebagai desa wisata kuliner di Lombok. Pengembangannya pun berbasis pariwisata. Ini salah satu terobosan baru kami bekerjasama dengan Dinas Pariwisata,” ujarnya.  

Ia mengatakan akan mengemas kuliner NTB dengan lebih menarik. Sehingga wisatawan bisa benar-benar menikmati sajian kuliner di NTB. Tidak saja kuliner yang disajikan secara langsung namun juga kuliner atau jajanan khas kemasan. Sehingga wisatawan dapat membawa aneka jajanan NTB sebagai oleh-oleh. “Kami rasa kombinasi pangan dan pariwisata ini sangat pas,” ujarnya.

Ia berharap ke depannya wisatawan bisa lebih mengenal aneka hidangan atau kuliner NTB. Terlebih dengan dijadikannya Sembalun sebagai desa wisata pangan, diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa wisata lainnya. Sehingga pangan dan pariwisata ini dapat berjalan beriringan. “Ini memang menjadi fokus utama kita. Bagaimana memanjakan tamu atau wisatawan ini dengan kuliner saat mereka berkunjung,” harapnya.

Ia berharap setelah desa wisata pangan di Sembalun berjalan, akan ada desa wisata pangan lainnya yang berkembang. Sehingga pangan NTB dapat dikenal, baik di dalam maupun luar negeri. (linggauni)


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Definition List