Tuesday, November 14, 2017

Wisatawan Rusia Menjanjikan bagi Pariwisata Indonesia

Wakil Duta Besar Indonesia di Rusia Lasro Simbolon

Destinasi wisata di NTB sangat beragam, sehingga menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara, salah satunya Rusia. Karakter destinasi wisata NTB sangat cocok dengan karakter destinasi yang diinginkan oleh wisatawan asal Rusia. Hal ini harus diimbangi dengan promosi secara massif, sehingga Rusia bisa mengenal lebih jauh lagi tentang pariwisata NTB.

“Destinasi wisata di NTB khususnya Lombok ini sangat cocok dengan destinasi yang diinginkan oleh orang Rusia. Mereka cenderung suka ke pantai dan berwisata air. NTB sendiri punya banyak pantai dan gili yang indah, jadi sudah pas untuk wisata mereka,” kata Wakil Duta Besar RI di Moscow Lasro Simbolon, di Mataram, Rabu (7/11/2017).

Ia mengatakan dalam setahun setidaknya ada 20 juta orang rusia yang berwisata ke luar negeri. Untuk Indonesia sendiri, kunjungan wisatawan Rusia tidak mencapai 100 ribu orang. Dengan adanya Lombok dan NTB pada umumnya diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Rusia itu.

“Mereka paling banyak ke Bali. Namun belakangan yang menjadi tujuan mereka selain Bali adalah Lombok dan Jogja. Jadi mereka ini sudah kenal Lombok, tinggal dimantapkan saja dengan promosi,” ujarnya.

Selain suka berlibur ke pantai, wisatawan Rusia juga dapat berkunjung ke suatu negara hingga seminggu bahkan ada yang sampai satu bulan. Ini sangat baik, mengingat lama tinggal wisatawan di NTB belum menyentuh angka tiga hari. Dengan berkunjungnya wisatawan asal Rusia ke NTB, diharapkan dapat meningkatkan rata-rata lama tinggal wisatawan yang datang.

“Mereka juga wisatawan yang berkualitas. Mereka mau menghabiskan uangnya untuk tinggal di hotel terbaik dan berbelanja. Ini sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian warga,” ujarnya.

Ia melihat potensi wisata yang dimiliki NTB sudah sangat baik. Sehingga hanya perlu dipromosikan secara berkelanjutan. Ia juga berharap akan ada penerbangan langsung dari Rusia ke NTB. Sebab konektivitas ini juga sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan.

“Kita harapkan terbangun konektivitas untuk menunjang mereka bisa datang kemari. Karena potensi Rusia ini sangat bagus,” ujarnya.
Ia mengatakan dalam dua tahun terakhir Dubes RI di Moscow telah melakukan festival Indonesia dengan menampilkan beraneka potensi wisata dan kerajinan Indonesia. Ia berharap festival Indonesia pada tahun berikutnya dapat menyertakan wisata NTB dalam daftar promosi. Sehingga lebih banyak lagi yang mengetahui tentang NTB di Rusia.  “Mereka itu berlibur pada liburan musim panas. Antara Juni sampai Agustus. Kita manfaatkan itu untuk promosi dan berharap mereka banyak yang datang,” (Linggauni)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Definition List