Monday, November 20, 2017

Kemenpar Tetapkan Desa Setanggor Jadi Model Desa Wisata Nasional

Menpar Arief Yahya mengunjungi Desa Wisata Setanggor Lombok Tengah, Jumat (17/11/2017). Desa Setanggor dijadikan sebagai model pengembangan desa wisata nasional. 

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) saat ini tengah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) pengembangan desa wisata secara nasional. Dalam upaya mengembangkan desa wisata ini, Kemenpar telah menetapkan Desa Wisata Setanggor Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah (Loteng) sebagai model pengembangan desa wisata nasional.
Penegasan ini disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, saat mengunjungi Desa Wisata Setanggor, Jumat (17/11/2017).

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H. L. Moh. Faozal, S.Sos., M.Si., Sekda Loteng, H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si., Menpar, menegaskan, kalau penyusunan SOP pengembangan desa wisata lahir setelah dirinya melakukan diskusi mendalam dengan Presiden Joko Widodo. Diskusi dengan presiden terkait bagaimana pola pengembangan desa wisata di Indonesia.

Dalam hal ini, ujarnya, pemerintah pusat menilai, kalau desa wisata bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang bisa dijual kepada wisatawan, khususnya wisatawan asing selain destinasi-destinasi wisata pada umumnya yang sudah ada sebelumnya. ‘’Dan, nyatanya potensi pengembangan desa wisata cukup menjanjikan,’’ ujarnya.

Hanya saja, tambahnya, dalam pengembangan desa wisata belum ada standar baku yang bisa menjadi acuan atau pedoman, sehingga perlu dibuat SOP yang jelas dengan mencontoh desa wisata yang sudah berkembang. “Dan, setelah kita Googling di internet ternyata Desa Wisata Setanggor cocok sebagai model pengembangan desa wisata nasional,” terangnya.

Atas dasar itulah kemudian pihaknya turun melihat langsung seperti apa desa wisata yang tengah dikembangkan oleh Desa Setanggor sekaligus melihat kekurangan dan kelemahan yang ada. Dari turun lapangan ini menjadi bahan pertimbangan di tingkat pusat untuk menentukan langkah-langkah penyempurnaan.

Menpar menegaskan, untuk penyusunan SOP pengembangan desa wisata ditarget bisa tuntas tahun ini juga, sehingga  mulai tahun depan SOP bisa diterapkan dan bisa sebagai pedoman dalam pengembangan desa wisata secara nasional.

Ia pun mengaku kalau Desa Wisata Setanggor memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan desa wisata lainnya. Salah satunya, destinasi wisata yang ditawarkan cukup variatif atau tidak monoton hanya ada beberapa destinasi tertentu, sehingga para wisatawan yang datang bisa menikmati berbagai destinasi dalam sekali kunjungan.

‘’Hal itulah yang mungkin belum dimiliki desa wisata lainnya. Sehingga patut kalau kemudian Desa Wisata Setanggor menjadi model pengembangan desa wisata nasional. Terhadap beberapa kekurangan fasilitas pendukung, nanti akan kita coba dorong lewat Kementerian Desa. Termasuk dari Kemenpar juga akan ikut membantu,”  janjinya. (Munakir)



Share:

1 comment:

  1. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete

Definition List