Friday, September 2, 2016

Keindahan Tibu Ijo Gunung Sari yang Tersembunyi

Inilah air terjun Tibu Ijo yang berlokasi di Desa Kekait Gunungsari Lombok Barat. 

Pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya tetapi juga wisata alam yang indah. Salah satunya adalah Air terjun Tibu Ijo yang berada di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat. Tempat ini cocok untuk Anda yang suka berpetualang dan memacu adrenalin. Tempat ini anda dapat menikmati pemandangan perbukitan, kebun aren, dan suasana alam yang masih alami.
Air terjun ini dinamakan Tibu Ijo, karena warna air kolam di bawah air terjun yang berwarna kehijauan. “Tibu itu artinya tempat untuk mengumpulkan air, kalau ijonya dari warna airnya. Itu sebutan orang dulu,” kata Haji Wahid, salah satu pemilik kebun di sekitar area Tibu Ijo.
Menurutnya, tempat ini mulai dikenal sejak tahun 2000-an dan dulu sempat ramai pengunjung. “Kalau sekarang yang datang, palingan yang mau datang berkemah saja. Sama yang punya kebun saja yang datang ke sini,”  tuturnya, Rabu (24/8)/2016.
Menuju ke air terjun ini, kita harus menempuh perjalanan selama ± 1 jam dengan berjalan kaki melewati perkebunan milik pemerintah yang dikelola masyarakat sekitar. Sepanjang perjalanan, kita dapat menemui beberapa pondok milik masyarakat yang berkebun di kawasan tersebut. Juga kita dapat melihat aktivitas masyarakat sekitar yang mengangkut kayu atau membuat nira dan gula merah di pondoknya.
Setibanya di air terjun, kita akan disuguhi pemandangan asri air terjun Tibo Ijo. Air terjun yang memiliki ketinggian 2 – 3 meter ini memiliki banyak kolam-kolam kecil di bawahnya Suasana yang asri dan jauh dari kebisingan kota, membuat kita betah berlama-lama menikmati pemandangan. Di bagian atas, kita akan menemui hulu sungai yang menjadi hulu air terjun ini.
“Tidak ada pengelolanya. Dulu ada yang mau kelola, tetapi tidak dikasih kades. Jadi, sekarang hanya untuk keperluan air bersih untuk masyarakat Kekait,” kata Haji Wahid. Air terjun ini, lanjutnya, juga hanya memiliki volume air yang besar saat musim hujan saja.
Jika ingin mandi di tempat ini, sebaiknya membawa kain atau sarung untuk mengganti pakaian, karena tidak adanya fasilitas di tempat ini. Jangan lupa juga membawa makanan dan minuman sendiri karena tidak adanya pedagang di sekitar air terjun.
Air Terjun Tibu Ijo berjarak sekitar 13 kilometer atau dapat ditempuh selama 20 menit perjalanan dari kota Mataram. Kita dapat menitipkan kendaraan di warung warga di sekitar jalan raya Pusuk atau di pondokan warga yang ada dengan membayar Rp 2 ribu saja untuk parkirnya. Tidak ada karcis masuk untuk masuk ke tempat wisata ini, jadi anda dapat langsung menikmati air terjun Tibu Ijo. (uul Efriyanti Ekbis NTB)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Definition List