Saturday, August 13, 2016

Sampah di Rinjani Dikeluhkan Pendaki

Pendaki ke Gunung Rinjani (dokumentasi Haris Mahtul)

Gunung Rinjani terkenal oleh pendaki sebagai salah satu gunung dengan jalur pendakian yang indah. Sepanjang mata memandang terdapat savana yang luas dan pepohonan yang rindang. Sangat alami, namun keindahannya berkurang karena banyak sampah yang berserakan. Sejumlah pendaki sangat menyayangkan gunung seindah ini harus  dicemari dengan sampah-sampah yang merusak pandangan.
“Saya sudah naik banyak gunung, memang dari semua gunung yang saya daki Gunung Rinjani ini jalurnya paling menantang tetapi sangat indah. Saya sangat menikmati pendakian ini, sampai pada akhirnya saya melihat banyak sampah. Dan itu sangat mengganggu,” kata pendaki asal Yogyakarta, Anto kepada Suara NTB, di Mataram, Kamis (11/8/2016).
Anto dan rekannya Deni sangat menyayangkan pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani yang seolah-olah lepas tangan terhadap sampah di Rinjani. Deni menceritakan pengalamannya ke sejumlah gunung yang ia daki. Beberapa gunung tidak memiliki pemandangan seindah Gunung Rinjani, hanya saja terlihat lebih bersih dan tidak terlalu banyak sampah.
“Saya pernah mendaki beberapa gunung di Jawa, itu trekking-nya biasa saja, begitupula pemandangannya tidak seindah Rinjani. Tetapi di Rinjani itu banyak sampah, sangat banyak. Mungkin beberapa tahun kedepan Rinjani akan tertutupi sampah,” ujarnya.
Menurutnya, Rinjani seperti tempat wisata yang komplet. Pasalnya terdapat savana, air terjun, pemandian air hangat bahkan danau. Tidak heran jika pendaki dari berbagai negara selalu mengidamkan ingin mendaki Gunung Rinjani. Terlebih saat ini Gunung Rinjani telah diajukan sebagai salah satu Geopark Dunia.
“Saya pikir, pengelola harus lebih intens lagi memikirkan bagaimana caranya agar sampah itu paling tidak berkurang. Karena pendaki Gunung Rinjani akan semakin banyak. Sementara kalau tidak dipikirkan solusinya, alam yang indah ini bisa tercemar,” ujarnya.

Anto juga memberikan saran kepada pengelola Gunung Rinjani untuk melihat pengelolaan taman nasional di tempat lain. Karena dari semua taman nasional yang pernah ia datangi, Gunung Rinjani merupakan taman nasional dengan sampah terparah. Sehingga penting bagi pengelola untuk memerhatikan taman nasional ini dengan baik. Sehingga pendaki atau wisatawan bisa merasa lebih nyaman. (lingga)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Definition List