Wednesday, November 23, 2016

2017, Disbudpar NTB Targetkan Kunjungan Capai 3,5 Juta Wisatawan

Wisatawan asing saat menuju Gili Trawangan dari Pantai Senggigi Lombok Barat.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB telah menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 3,5 juta orang selama tahun 2017. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun ini yang mencapai 3 juta wisatawan. Dari jumlah itu, 2 juta diantaranya merupakan wisatawan nusantara dan 1,5 juta merupakan wisatawan mancanegara.

"Kita tambah taget untuk kunjungan wisatawan nusantara. Karena kita melihat kedatangan wisatawan nusantara ini cukup baik. Sekarang sudah banyak yang tahu Lombok Sumbawa," kata Kepala Disbudpar NTB H. L. Muh.Faozal, S.Sos., M.Si.

Sejumlah program promosi telah disiapkan untuk menarik lebih banyak wisatawan nusantara ke NTB. Sementara itu, target kunjungan wisatawan mancanegara masih tetap seperti tahun 2016. Faozal mengatakan, jumlah itu tidak berubah mengingat jumlah penerbangan langsung dari luar negeri menuju LIA masih terbilang kurang.

"Kita tidak tambah karena penerbangan langsung masih seperti biasa. Tapi kita tetap berupaya untuk terus menambah jumlah penerbangan dari luar negeri. Sehingga wisatawan mancanegara bisa lebih banyak lagi yang datang," ujarnya.

Sejauh ini Pemprov NTB telah melakukan sejumlah promosi dan kerjasama dalam memperkenalkan wisata halal. Sehingga besar harapan NTB dapat mendatangkan banyak wisatawan dari Timur Tengah. Di samping wisata konvensional yang sudah banyak diketahui oleh wisatawan.

"Konvensional sudah banyak diketahui orang. Meski demikian kita juga tetap melakukan sejumlah promosi wisata untuk itu. Namun memang yang jadi fokus utama pada wisata halal. Karena pasar wisata halal ini cukup menjanjikan," kata Faozal.

Ia juga berharap masyarakat turut mendukung semua program yang digencarkan oleh pemerintah, baik kabupaten/kota maupun provinsi. Sebab salah satu tujuan dikembangkannya sektor pariwisata ini untuk menambah pendapatan masyarakat.

"Tentu saja ini semua tidak terlepas dari dukungan masyarakat. Karena yang akan merasakan secara langsung dampaknya adalah masyarakat NTB pada umumnya," ujarnya. (Lingga)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Definition List