Monday, December 18, 2017

Angkat Pantai Meninting Lewat Festival ‘'Bekele’' Ikan Tongkol

 
Festival Bekele atau Makan Ikan Tongkol di Pantai Meninting Lombok Barat, Minggu (17/12/2017)
 Pemerintah Desa Meninting Kecamatan Batulayar Lombok Barat (Lobar) menggelar Festival Bekele (makan) ikan tongkol, Minggu (17/12/2017). Kegiatan yang merupakan acara tasyukuran setahun jabatan Kades Meninting Iskandar Zulkarnain tersebut dijejali pengunjung. Sebab di samping festival ini, , pemdes juga mengadakan lomba dayung kano.

Ratusan warga Desa Meninting Kecamatan Batu Layar berjubel di Pantai Meninting. Mereka ikut meramaikan festival bekele tongkol di pinggir Pantai Meninting. Sementara untuk acara lomba kano, tidak hanya orang dewasa, melainkan juga diramaikan oleh kalangan anak-anak kecil yang memang sudah mahir bermain kano.

Kepala Desa Meninting H. Iskandar Zulkarnain dalam kesempatan itu mengatakan bahwa digelarnya festival bekele tongkol ini merupakan bentuk rasa syukur dirinya dan Pemerintah Desa Meninting. “Acara ini adalah bentuk syukur kami di desa, bahwa saat ini sudah satu tahun kami menjadi kepala desa,” katanya.

Namun syukuran masa jabatannya itu bukanlah hal yang utama. Justru menurut dia, festival tersebut merupakan pesta rakyat yang nampaknya sangat cocok untuk dilakukan. Bahkan ke depan, dia berencana akan menjadikan festival ini menjadi agenda rutin Pemerintah Desa Meninting. “Tahun depan kita akan adakan kembali dengan lebih tertata dan meriah, sehingga bisa juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” katanya.

Untuk itu, dia pun berpesan kepada masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersihan pantai. Menurutnya, jika pantai bersih, maka wisatawan akan sangat senang berkunjung baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. “Dan lagi-lagi hasilnya bisa kita nikmati bersama. Kami akan upayakan ini menjadi agenda tahunan Desa Meninting,” tegasnya kemudian.

Sementara itu warga yang hadir dalam acara tersebut merasa sangat senang. Bahkan warga berharap agar kegiatan semacam itu bisa diadakan setiap pekan, sehingga Pantai Meninting selalu ramai. Dengan begitu, pantai Meninting bisa menjadi objek wisata baru selain Senggigi. “Kalau bisa diadakan setiap minggu, jadi warga bisa menikmati liburan dan tentunya ikan tongkol gratis,” kata salah seorang warga.

Selain acara bekele 500 ekor ikan tongkol dan lomba kano, warga juga dihibur oleh artis lokal yang sudah cukup dikenal yaitu Arie Juliant yang merupakan warga Meninting. Ia sudah cukup malang melintang di dunia musik.  (Heru Zubaidi/Lombok Barat)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Definition List