Tuesday, December 26, 2017

Daki Rinjani, TNGR Terapkan Tiket Daring

Pemandangan di Gunung Rinjani yang selalu membuat wisatawan ingin berkunjung kembali. Mulai tahun 2018, pendakian ke Gunung Rinjani akan menggunakan tiket daring. 
Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) semakin banyak dikunjungi wisatawan. Persoalan sampah di gunung ini juga belum dapat terselesaikan. Untuk membatasi jumlah pendaki, Balai TNGR akan memberlakukan pemesanan tiket secara online. Sehingga apabila pemesanan tiket pada hari itu sudah mencapai batas kuota, yang bersangkutan tidak bisa mendaftar untuk mendaki pada hari itu juga.

Sebelumnya, Kepala BTNGR Agus Budi Santosa mengatakan bahwa pihaknya berupaya untuk mengatur pendakian Rinjani dengan lebih baik. Salah satunya dengan memberlakukan pemesanan tiket secara online. Ini juga  bisa memberikan data yang pasti tentang kunjungan wisatawan, baik setiap harinya atau setiap bulannya.

Ia mengatakan bahwa pendaftaran melalui daring ini juga bertujuan untuk membatasi jumlah pendaki dalam sehari. Saat jumlah pendaki sudah penuh pada hari itu, ia menyarankan agar wisatawan mendaftar pada keesokan harinya. Sehingga bisa memenuhi kuota pada hari berikutnya.

Ia berharap dengan adanya pembatasan jumlah pendakian ini dapat mengurangi volume sampah. Selain itu, Rinjani tidak sesak dengan banyaknya orang yang datang. Ini juga berkaitan dengan pelestarian kawasan taman nasional.

“Kami memang melakukan penutupan setiap tahunnya guna untuk pelestarian dan perawatan. Selain itu, dengan luas TNGR yang sekian juga harus dibatasi berapa pendaki. Ini juga yang menjadi catatan,” ujarnya.

Ia berharap pemberlakuan tiket online ini dapat berjalan dengan baik. Sehingga selain pembatasan pendaki, ini juga dapat memberikan kesan nyaman bagi wisatawan. Sebab jika pendakian terlalu ramai, wisatawan bisa saja merasa tidak atau kurang nyaman.

“Kami berharap pendaki atau wisatawan bisa menikmati keindahan Rinjani dengan nyaman. Pemberlakukan tiket online ini akan benar-benar diterapkan secara resmi tahun depan. Tahun ini masih tahap sosialisasi,” ujarnya.

Diketahui, bahwa pada tanggal 1 Januari hingga 31 Maret mendatang akan dilakukan penutupan pendakian Rinjani. Hal ini bertujuan untuk pemeliharaan, sehingga kawasan TNGR bisa tetap asri dan lestari. Penutupan ini juga sudah diumumkan berdasarkan surat edaran  Nomor PG.R131/T39/TU/HMS/12/2017.

Dalam surat itu disebutkan bahwa untuk mempertimbangkan kondisi cuaca guna kepentingan pemulihan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani khususnya pada jalur pendakian. Maka dalam tiga bulan pendakian Rinjani ditutup untuk umum. Wisatawan, baik yang menggunakan jasa trekking organizer maupun mandiri tidak diperkenankan untuk mendaki dalam kondisi apapun. (Linggauni/Suara NTB)
Share:

2 comments:

  1. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  2. Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    www(.)edenpoker(.)xyz

    ReplyDelete

Definition List