Tuesday, December 5, 2017

Pokdarwis Besasakan Kotaraja Kecamatan Sikur Dikukuhkan

Pengukuhan Pokdarwis Besasakan Desa Kotaraja Kecamatan Sikur bertempat di Aula Kantor Desa Kotaraja, Senin (27/11/2017).

Kabupaten Lombok Timur (Lotim) merupakan salah satu daerah yang kaya akan potensi objek wisata, baik pegunung, pantai, alam dan lainnya. Namun, potensi ini belum dikelola secara maksimal. Untuk memaksimalkan pengembangan potensi pariwisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah tersebar di sejumlah desa di Lotim diharapkan lebih aktif berperan.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim, Hasbi, SE, saat acara pengukuhan Pokdarwis Besasakan Desa Kotaraja Kecamatan Sikur, Senin (27/11/2017).

Diakuinya, masyarakat Desa Kotaraja sangat menjaga etika, tingkah laku dan tutur kata. Hal itu menjadi salah satu aset pariwisata Lotim yang harus dikembangkan dan dipertahankan. Misalnya, dengan sikap dan etika yang baik, akan mampu meninggalkan kesan yang baik kepada tamu, termasuk para wisatawan.

Untuk itu, perlu dilakukan penguatan akar-akar budaya. Di mana dalam penguatan akar budaya itu perlu sinergitas antara semua pihak terkait, baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa, Pokdarwis maupun denga masyarakat. "Orang pariwisata tidak bisa bekerja sendiri. Melainkan harus saling membantu dan bekerjasama. Keberadaan stakeholder sangat dibutuhkan, termasuk Pokdarwis untuk mendukung perkembangan pariwisata di Lotim," terangnya.

Dengan sinergitas yang baik itu, lanjut dia, maka tujuan dalam pengembangan pariwisata di Lotin dapat terlaksana dengan baik. Menurutnya, pariwisata merupakan harapan sumber pendapat negara nomor tiga setelah gas dan sawit. Dengan demikian, sangat penting potensi pariwisata dikelola dengan baik yang tentunya terlebih dahulu harus menyatukan pemikiran.

Adapun bukti keseriusan Pemda Lotim, di bawah kepemimpinan Bupati Lotim, H. Moch Ali Bin Dachlan dan Wakil Bupati Lotim, H. Haerul Warisin, di mana keduanya memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan pariwisata di Lotim. Seperti akan dibangunnya Ancol Mini bertempat di Labuhan Haji dengan anggaran miliaran.

Sementara, Kades Kotaraja, Lalu Supiandi, menjelaskan, pembentukan Pokdwaris Besasakan Desa Kotaraja berasal dari kemauan masyarakat Kotaraja, karena situasi dan kondisi di Desa Kotaraja sangat memprihatinkan. Dalam pembentukannya ini, katanya, Pokdarwis Kotaraja membutuhkan dana, membutuhkan support anggaran dari pemerintah.

Sedangkan, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H. Lalu Wirabhakti, menyanjung pemberian nama Besasakan pada Pokdarwis Desa Kotaraja. Pada kesempatan itu, ia mengimbau kepada Disbudpar suapaya tetap melakukan Jambore Pokdarwis yang disertai dengan dukungan dana, sehingga pembinaan adat, budaya bisa maksimal. (Yoni Ariadi/Lombok Timur)
Share:

1 comment:

  1. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete

Definition List